Tahu dan Laktosa — Apakah Makan Tahu Itu Diet Vegetarian atau Bebas Laktosa?

Last updated on: Published by: gelorabungkarno-admin 0

Lacto-ovo atau ovo vegetarian adalah vegetarian yang memakan beberapa produk susu, termasuk susu dan telur, tetapi tidak termasuk produk hewani seperti ikan dan daging. Tidak seperti vegetarian yang hanya makan daging sesekali, seorang vegetarian ovo dapat makan ikan dan makanan laut lainnya juga. Makanan khas lakto-ovo biasanya mengandung susu kedelai, tahu, buah-buahan segar, kacang-kacangan, tahu, buncis, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, jamur, bawang putih, bawang merah, dan putih telur. Jika Anda seorang vegetarian ovo dan mengalami kesulitan menjalankan diet atau mendapati diri Anda menjadi tidak toleran terhadap laktosa, ada alternatif bebas laktosa untuk mengonsumsi produk susu. Anda tidak perlu sepenuhnya menghentikan produk susu, tetapi ada baiknya untuk memeriksanya sebelum membuat komitmen besar untuk vegetarian.

Intoleransi laktosa adalah suatu bentuk intoleransi laktosa, atau intoleransi terhadap laktosa, gula yang ditemukan dalam susu. Kondisi ini menyebabkan seringnya kembung, kembung, kram, diare, sembelit, muntah, dan kram pada penderita intoleransi laktosa. Tubuh membuat antibodi melawan laktosa saat laktosa dimakan. Penting untuk mendapatkan jumlah kalsium yang cukup dalam makanan Anda, sehingga tubuh tidak membuat antibodi terhadap kalsium seperti yang dilakukan intoleransi laktosa.

Beberapa produk susu secara alami bebas laktosa, tetapi untuk produk lainnya, ada alternatif susu bebas laktosa. Misalnya, banyak keju, keju cottage, susu rendah lemak, es krim, dan produk susu lainnya mempertimbangkan bebas laktosa karena fakta bahwa rennet yang digunakan untuk mengaktifkan enzim laktase di dalamnya memecah laktosa menjadi gula. Namun, jika Anda tidak memiliki laktosa, susu tersebut masih mengandung laktosa, jadi bacalah labelnya dengan cermat sebelum dikonsumsi.

Ada dua cara untuk membuat pengganti susu bebas laktosa. Cara pertama adalah dengan menggunakan suplemen bebas laktase. Meskipun ini bisa memakan waktu lebih lama dari susu biasa untuk diubah menjadi gula, ia tidak memiliki jumlah laktosa yang sama dengan produk susu biasa. Orang lain dapat mentolerir jenis produk susu ini dengan baik, tetapi itu tidak berhasil untuk semua orang.

Jenis pengganti susu lainnya adalah susu kedelai. Susu kedelai dibuat dengan cara merendam kedelai dalam air, kemudian mengolahnya sehingga lemak dan pati dapat dihilangkan. Ini kemudian digabungkan dengan susu sapi atau susu kambing untuk membuat produk susu yang creamy. Ada banyak merek yang bisa dipilih, tapi saya mendapatkan hasil yang bagus dengan susu kedelai Sunflower & Barley. Ini mengandung semua nutrisi penting, termasuk kalsium, protein, kalium, dan asam amino untuk memberikan kesehatan yang baik bagi tubuh saya.

Karena susu kedelai dibuat dengan proses yang berbeda dari susu biasa, maka lebih mahal daripada susu biasa. Ini juga tidak tersedia di banyak toko grosir, jadi Anda mungkin perlu mencarinya di toko grosir terdekat di Asia atau Timur Tengah. Pilihan saya selanjutnya adalah membuat susu kedelai sendiri dengan cara menyeduh kedelai dan nasi di dalam air lalu membuat tahu sendiri. Ini jauh lebih murah daripada membeli susu kedelai di toko.

Beberapa orang yang tidak toleran laktosa mengeluh tentang pengganti susu yang memiliki rasa pahit bagi mereka, jadi Anda mungkin perlu bereksperimen dengan merek yang berbeda sampai Anda menemukan yang Anda sukai. Beberapa orang mengatakan bahwa meminum susu kedelai setelah Anda makan tahu terkadang mengembalikan sebagian rasa susu. Anda mungkin perlu menemukan satu merek yang Anda sukai untuk mencobanya, sampai Anda menemukan merek yang cocok untuk Anda.

Beberapa orang menikmati makan tahu karena rendah kalori, namun juga sangat tinggi protein dan sumber serat yang baik. Vegetarian dan vegetarian lakto-ovo dapat memanfaatkan tahu sebagai pengganti produk susu yang sehat. Meskipun tahu tidak memiliki kandungan laktosa sebanyak produk olahan susu, banyak orang mengatakan bahwa mereka tetap menikmati memakannya, terutama mereka yang memiliki intoleransi laktosa.